:::: MENU ::::
  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

  • Customizable fonts.

Senin, 21 Januari 2019


Pohon Dewadaru sebagian besar ditemukan di sebelah utara pulau Jawa, di antara pulau-pulau Sunda di Karimunjawa, di Laut Jawa, membawa koordinat Lintang 5 ° 52 'S, dan Bujur 110 ° 26' E. Ia memiliki manusia populasi sekitar 20.000 orang. Pohon Dewadaru telah disucikan oleh penduduk setempat di pulau itu selama beberapa generasi sebagai akibat dari mitos yang diabadikan oleh para tetua masyarakat. Dalam salah satu dialek lokal, "daru" berarti "berkah dari surga," sementara "dewa," (berasal dari bahasa Sansekerta) adalah istilah bahasa Indonesia untuk "dewa." "Dewadaru" dengan demikian ditafsirkan sebagai "hadiah para dewa," menyiratkan bahwa genus pohon ini adalah hadiah simbolis yang nyata dari para dewa / es kepada penduduk pulau. Untuk penduduk setempat, Dewadaru mewakili kebijaksanaan para dewa dalam menjaga harmoni, stabilitas, dan kedamaian Alam. Dewadaru diyakini sebagai pelindung jiwa-jiwa yang hidup di pulau Karimunjava.

Menurut legenda, pernah ada seorang pria yang tinggal di pulau Jawa yang marah dengan putranya karena ketidakpatuhan yang terus-menerus. Lelaki itu, meskipun ia sangat menyayangi putranya, berusaha keras menanamkan padanya pelajaran yang sulit. Maka suatu hari ia mengusir putranya dari rumah dengan peringatan bahwa ia tidak akan menginjakkan kaki lagi di Jawa.

Tidak mau tidak mematuhi ayahnya lagi, dia mempersiapkan diri untuk perjalanan. Dalam kesedihan, putranya meninggalkan Mt. Muria tempat mereka tinggal dan pindah ke laut terbuka di utara. Dia berlayar di atas kapal selama berhari-hari travel juanda ke malang di tengah badai dan di tengah ombak besar, tidak benar-benar mengetahui tujuannya dan mungkin dengan sedikit kemauan untuk bertahan hidup. Lalu suatu hari, perahunya mendarat di pantai sebuah pulau kecil yang tak berpenghuni.

Sementara itu, dari puncak Mt. Muria di Jawa, ayah bocah itu diam-diam mengawasi putranya dengan waspada. Tetapi untuk beberapa alasan penglihatannya tidak jelas dan tidak jelas, dan dengan demikian kehilangan jejak keberadaan bocah itu di pulau itu. Dalam bahasa Jawa kuno, kata "kabur" diterjemahkan sebagai kerimun. Dengan demikian pulau itu dikenal sebagai "Karimun-jawa."

Bocah itu melanjutkan perjalanannya ke pedalaman dengan membawa dua tongkat kayu sebagai tongkat untuk membantu perjalanannya. Dia mengambil ini dari pantai. Kedua kutub pendek ini melukai dirinya sementara kapalnya terbalik ke pantai karena kekuatan ombaknya. Di tengah-tengah hutan ia menjulurkan kedua tongkat itu ke tanah dan mulai beristirahat dari perjalanan yang melelahkan. Ajaibnya, pada saat itu juga kedua staf tumbuh menjadi pohon-pohon yang luar biasa. Karena kagum dengan kejadian itu, dia menamai mereka "Dewadaru." Di masa sekarang, tempat dia beristirahat sekarang berdiri desa Nyamplungan.

Saat ini, meskipun tidak terlalu banyak, ada sejumlah besar pohon Dewadaru yang tumbuh di pulau-pulau itu - keturunan dari dua yang pertama. Sisa-sisa pohon Dewadaru yang asli dan luar biasa mungkin masih terlihat. Punuk ada di sana seolah-olah untuk membuktikan kebenaran legenda. Keturunan pohon magickal tumbuh di lereng bukit pulau-pulau dan tidak mudah diakses.

Di dekat pohon-pohon yang dulunya mulia adalah kuburan yang sampai sekarang masih disucikan oleh penduduk setempat. Pada malam-malam tertentu - seperti Jumat Kliwon (Kamis malam yang terjadi sekali dalam 35 hari) dari kalender Jawa, kuburan akan dikunjungi oleh para peziarah yang menginginkan berkat-berkat dari para ahli spiritual yang menjadi milik kuburan itu. Mahir dikenal sebagai Sunan Nyamplungan dari mana desa menerima namanya.

Selama berabad-abad, pohon atau kayu Dewadaru diyakini oleh penduduk Karimunjawa memiliki kekuatan magickal. Diuji melalui waktu, kayu dikatakan menyembuhkan gigitan beracun, dan sakit atau penyakit di daerah perut. Kayu Dewadaru travel juanda ke malang  sering dibawa sebagai jimat untuk perlindungan pribadi terhadap orang jahat serta senjata melawan roh jahat. Dikatakan bahwa tidak seperti jenis kayu lainnya, Dewadaru, bahkan sepotong kecil, tenggelam ketika diletakkan di dalam air.

Tujuh puluh lima kilometer jauhnya, ketika burung gagak terbang, dari kota Jepara di Jawa, pulau-pulau Karimunjava memiliki mitos menakutkan terkait dengan Dewadaru. Seharusnya ada peringatan oleh roh-roh regional bahwa kayu atau pohon Dewadaru yang sakral tidak boleh dibawa keluar dari pulau-pulau tanpa konsesi dari penjaga spiritual di daerah tersebut. Siapa pun yang melanggar ini, bahkan dengan mengambil sepotong kecil kayu, menimbulkan murka Alam dan malapetaka menimpa dirinya tidak lama kemudian. Kecelakaan yang biasa terjadi adalah tenggelamnya kapal atau tidak bisa bergerak yang harus dilalui orang tersebut untuk melakukan perjalanan kembali ke daratan. Terkadang bisa menjadi penyakit yang fatal setelah perjalanan. Seringkali orang tersebut meninggal secara tragis dalam "kecelakaan" yang aneh. Pada awalnya mitos ini dianggap sebagai takhayul, tetapi beberapa contoh telah dicatat.

Sehubungan dengan tenggelamnya kapal-kapal malang yang mengangkut kayu, beberapa pengamat telah mencatat peristiwa yang tidak biasa sebelumnya. Tanda dan peringatan diberikan dari dunia yang tak terlihat. Banyak kisah tentang komunikasi roh ini dan peringatan yang tidak diacuhkan. Salah satu kisah khususnya berkaitan dengan seorang wanita tua yang menampakkan diri kepada kapten sebuah kapal yang memperingatkan bahwa kapal atau kapal itu membawa kayu suci dan bahwa ini diambil dari daerah itu tanpa izin dan upacara yang diwajibkan. Sebelum menghilang, dia memperingatkan kapten untuk menurunkan barang yang diperoleh secara ilegal. Kapten tidak mengindahkan permintaannya dan akibatnya, kapal yang ia perintahkan dalam perjalanan ke daratan Jawa tenggelam ke kedalaman air. Sebelum kapal berlayar, bahkan penduduk desa di pulau itu diberi pertanda bahwa kapal itu akan hancur. Banyak dari mereka mendengar suara ledakan di bukit Nyamplungan di dekatnya. Investigasi yang cermat mengungkapkan tidak ada yang bisa menghasilkan suara-suara itu. Dikatakan bahwa sampai hari ini suara-suara ini masih terjadi setiap kali sebuah kapal atau kapal ditakdirkan untuk terjun ke loker Davy Jones. Pada tahun 1981 kecelakaan tidak terjadi. Ada sebuah kapal dalam perjalanan ke Jawa dari pulau Karimunjava. Di suatu tempat di tengah laut, mesinnya macet dan tidak bisa bergerak. Beberapa saat kemudian semua orang di kapal, penumpang dan kru, panik. Keluar dari laut yang tenang, ombak besar tiba-tiba muncul, mengancam akan terbalik kapal. Kapten menyadari apa yang salah dengan tergesa-gesa meminta para penumpang untuk membuang kayu Dewadaru yang mereka bawa ke laut. Seseorang mengaku bahwa dia memiliki sebagian kayu yang dimilikinya. Ini dengan cepat dilemparkan ke laut dengan permintaan maaf kepada penjaga roh Karimunjawa. Hebatnya, beberapa menit kemudian ombak mereda.

Selalu ada dua sisi untuk koin. Mitos di atas juga memiliki aspek yang berbeda: jika kebetulan kayu Dewadaru menemukan jalannya di luar pulau Karimunjava, kayu tersebut akan menggandakan potensinya dan bertindak sebagai katalisator yang kuat untuk membangkitkan fakultas gaib yang tidak aktif di dalam pemilik atau penggunanya. Energi kayu itu sendiri adalah jimat ampuh terhadap semua bentuk sihir hitam dan juga menangkal entitas negatif, seperti yang disebutkan sebelumnya. Dewadaru juga dipakai sebagai jimat pelindung terhadap jettatore, mata jahat. Dari sudut pandang metafisik, dryad atau roh pohon terutama diberdayakan dan kekuatan atau kebajikan mereka tersembunyi di dalam kayu. Energi kayu Dewadaru memiliki pengaruh baik terhadap sistem psikosomatis manusia.

Ada banyak kisah aneh terkait dengan pohon Dewadaru yang magis atau kayunya. Bagi penduduk setempat, ini bukan lagi masalah kepercayaan tetapi pengetahuan dan keyakinan yang diperoleh dari pengalaman sehari-hari. Menjadi suci, Dewadaru hanya digunakan untuk tujuan renungan dan perlindungan. Seseorang hampir tidak menemukan penduduk desa menggunakan kayu ini untuk membuat perabot atau sebagai bahan bangunan; dan hanya yang berani yang akan menggunakannya dalam kegiatan spiritual mereka. Pohon-pohon tidak terlalu banyak di pulau-pulau saat ini dan oleh karena itu mereka dilindungi dengan paksa. Dewadaru sangat dihargai karena nilai tradisional dan budaya mereka, dan dianggap sebagai penjaga totem pulau. Karena kekuatan gaib Dewadaru terkenal, banyak orang luar yang tidak sopan menjarah kayu yang berusaha memiliki dan menyalahgunakan kekuatan di dalamnya untuk tujuan egois. Tetapi juga diyakini bahwa Sunan Nyamplungan, penjaga pulau, atau wakilnya, berperan dalam melindungi tempat itu dari pencurian. Ada yang mengatakan bahwa Adept kadang-kadang muncul sebagai kelelawar raksasa bagi mereka yang melaksanakan niat negatif mereka.

Pada tahun 1992, fakultas biologi Universitas Gajah Mada melakukan penelitian tentang Dewadaru dan laporan analisis mereka menyatakan bahwa pohon ini cukup langka dan tidak mudah diperbanyak. Ada dua strain yang dapat ditemukan di pulau Karimunjava: strain pertama adalah Dewadaru Baccaurea Sumatrana dari keluarga Euphorbiaceae. Yang kedua, Fagraea Elliptica dari keluarga Loganiaceae.

Dewadaru seharusnya hanya ditemukan di pulau Karimunjava. Meskipun hampir tidak pernah terdengar, setidaknya ada satu pohon Dewadaru dapat ditemukan di Jawa di daerah Mt. Kawi di wilayah Malang, Jawa Timur. Anehnya, mereka yang tinggal di daerah ini menyucikan daun daripada kayu.

Mt. Kawi is well-known for its pilgrimage site for those seeking wealth. The tree grows nearby a grave of someone who was known as Eyang Jugo, a metaphysical practitioner of royal descent. It is said that those sitting underneath the Dewadaru tree and is fortunate enough to have a leave or two fall on their heads out of their own accord, then this is a sign that great financial blessings or wealth will be bestowed upon them. It is thus not surprising to find people sitting or even spending the night 'neath the shade of the tree hoping to catch a leaf-fall. People come from all over Java hoping to transform their fate with a simple sitting. However, even with strong winds, seldom does a leaf detach itself from the branches with the hope and expectation of the sitters. Many return to their normal lives in disappointment. At times those standing quite a distance from the tree are often blessed with a falling leaf, often blown by a non-existing wind. There are tales of those who disbelieved in the sacredness of the tree and mockingly place a leaf upon their own heads. The result was that on their way home from the mountain they encountered tragic mishaps.

Asal usul pohon Dewadaru di tempat ziarah ini memiliki kisah yang mirip dengan yang dimiliki Karimunjawa. Keduanya adalah hasil dari penyisipan staf berjalan ke pekarangan. Menurut legenda itu, Eyang Jugo pernah melakukan perjalanan dengan seorang teman dekat dengan sahabatnya RM Imam Soejono, yang tinggal di Mt. Kawi. Sepanjang jalan dia beristirahat di daerah yang teduh. Di sanalah ia menerima secara intuitif dari pesawat roh yang hidupnya hampir berakhir. Dia memberi tahu teman seperjalanannya bahwa di mana dia meninggal, di sanalah dia akan dimakamkan. Lebih jauh lagi, Eyang Jugo tiba-tiba menikam tanah dengan tongkatnya dan kedaluwarsa. Staf penuh dengan kekuatan Eyang Jugo, tiba-tiba tumbuh menjadi pohon. Orang-orang Cina yang tinggal di daerah makam Eyang Jugo menyebut pohon itu "Shian Toho,"

Seperti disebutkan di atas, kayu Dewadaru sering dibawa sebagai jimat. Mereka yang dapat memperoleh rosario yang dibuat darinya untuk tujuan spiritual atau renungan memang beruntung, karena jarang ada orang yang diberi izin untuk mengamankan kayu ini dari pulau-pulau dan memanfaatkan sifat magickal yang melekat padanya.

0 komentar:

Posting Komentar

A call-to-action text Contact us